Makalah TIK

MAKALAH TIK

( TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI )

 

 index

 

 

DISUSUN OLEH: KELOMPOK 3

  1. Bagus Satria Darmawan
  2. Faris Azhar
  3. Haekal Herlambang
  4. Pretty Fujianti Febrivia
  5. Suci Ayu Chairuna N.

PEMBIMBING : Zul Effendi S.kom

 

 

SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI

2014/2015

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Assalamu’alaikumWr.Wb.

Segala puji dan puja kepada Allah SWT.yang telah menciptakan kita dengan bebtuk yang sebaik-baiknya dan memberi banyak nikmat kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang diamanahkan oleh Bapak Guru mata pelajaran TIK,yang berjudul “TATA CARA PENYAMBUNGAN INTERNET MELALUI ISP DAN JARINGAN”

Salam beriringan shalawat kepada keharibaan junjungan kita nabi Muhammad Saw,yang telah membawa kita semua dari alam kegelapan lagi penuh kebodohan menuju alam keislaman yang terang benderang seperti saat sekarang ini.

Tak lupa penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua orang tua yang telah banyak membantu dan mendukung saat penyusunan makalah ini.Juga kepada Guru mata pelajaran yang telah membimbing tiada kalanya dan tanpa bosannya sehingga makalah ini dapat terselesaikan.Dan juga kepada teman-teman yang telah banyak memberikan support kepada penulis sehingga apapun itu mudah terselesaikan.

Wassalamu’alaikumWr.Wb.

PENYUSUN :

1.Bagus Satria Darmawan

2.Faris Azhar

3.M. Haekal Herlambang

4.Pretty Fujianti Febrivia

5.Suci Ayu Chairuna N

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR  …………………………………………………………… … … … … 1

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………… … … … … 2

BAB I PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG… … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … 3
  •  RUMUSAN MASALAH……………………………………………………………..

BAB II PEMBAHASAN

  1. TATA CARA PENYAMBUNGAN INTERNET MELALUI ISP……………… … … … 4

1.Menginstal Modem DialUp…………………………………………………….

  1. Menginstal DialUpNetworking………………………………………………..
  1. Melakukan Koneksi Internet via ISP……………………………………………………..
  1. TATA CARA PENYAMBUNGAN INTERNET MELALUI JARINGAN… … … … … 14

BAB III PENUTUP

  1. KESIMPULAN…………………………………………………………………… … … 15
  1. SARAN………………………………………………………… … … … … … … … … ..

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

Pada prinsipnya setiap perangkat teknologi yang didesain bias akses internet bila akan digunakan untuk membentuk jaringan internet, harus mempunyai identitas diri. Identitas diri ini untuk megenali perangkat penagses dan digunakan untuk membedakan antara pengakses.
Untuk mendapatkan akses internet kita harus berlangganan dan terhubung pada sebuah ISP ( Intenet Service Provider) merupakan penyedia layanan internet. Dalam memilih ISP ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antaralain: perangkat pengakses, Kecepatan akses yang ditawarkan, harga layanan, dan spesifikasi ISP tersebut, dukungan 24 jam operator teknis.  ISP biasanya memberikan bantuan dalam penyetingan computer untuk mengakses internet.  Dalam hal penyetingan setiap ISP berbeda-beda.

  • LATAR BELAKANG

 

  • RUMUSAN MASALAH

 

Masalah-masalah yang akan dibahas pada makalah ini antara lain:

1.TATA CARA PENYAMBUNGAN INTERNET MELALUI ISP

  1. Menginstal Modem DialUp
  2. Menginstal DialUpNetworking
  3. Melakukan Koneksi Internet via ISP

2.TATA CARA PENYAMBUNGAN INTERNET MELALUI JARINGAN (Internet)

BAB II

 

PEMBAHASAN

  1. Tata Cara Penyambungan Internet Melalui ISP

Saat untuk mendapatkan akses internet secara individu, kamu perlu mendaftar dan berlangganan pada sebuah ISP, yaitu penyedia layanan internet. Setiapa ISP memiliki/ menyediakan kualitas layanan yang berbeda. Oleh karena itu, untuk memilih ISP kamu perlu memperhatikan spesifikasi ISP tersebut, kecepatan akses yang ditawarkan, dan tarif layanannya. Setelah mendaftar ke ISP, kamu akan mendapatkan username dan password dari ISP itu yang harus dimasukkan pada saat mulai mengakses internet. ISP biasanya juga memberikan panduan teknis penyettingan komputer untuk mengakses internet. Setting tersebut berbeda-beda untuk tiap ISP. Namun demikian kamu juga dapat memperoleh akses internet langsung dari jaringan komputer yang telah tersambung ke internet. Pembahasan berikut ini menjelaskan bagaimana kamu mempersiapkan komputer untuk kemudian bisa mengakses internet.

Langkah penting untuk melakukan koneksi internet adalah menginstal perangkat keras berupa modem. Modem merupakan perangkat perantara antara komputer dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP yang menyediakan layanan internet. Dalam penyambungan internet melalui ISP ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu Menginstal Modem Dial Up, Menginstal Dial Up Networking, Melakukan Koneksi Internet via ISP.

 

 

  1. Menginstal Modem Dial Up

Berikut ini prosedur instalansi modem dalam system operasi Windows 98 dan Windows XP, dan windows vista.

  1. Pada Sistem Operasi Windows 98

Langkah-langkah menginstal modem pada system operasi windows 98 :

  • Klik Start, pilih Settings, pilih Control Panel. Maka akan muncul kotak dialog di Control Panel.
  • Pilih ikon Modem dan klik 2 kali sehingga muncul kotak dialog Install New Modem (bagi yang pernah memasang modem sebelumnya maka akan tampil kotak dialog Modem Properties. Bila kamu ingin menambah driver modem baru, klik Add).
  • Jika kamu memilih deteksi otomatis (mencari perangkat modem yang telah terpasang pada PC kamu), maka kosongkan kotak Don’t detect my modem, lalu klik Next.
  • Jika kamu memiliki modem jenis baru dan disertai file driver (dalam disket/CDROM), pilih kotak Don’t detect my modem, dan klik Next.
  • Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali dan tersedia driver-nya oleh Windows. Pilih tipe modem yang sesuai dengan modem kamu, lalu klik Next.
  • Jika kamu tidak memiliki file driver, kamu dapat memilih tipe Standard Modem kemudian kamu klik Next (menuju langkah 5).
  • Jika file driver berhasil diambil, maka akan muncul kotak dialog mengenai driver tersebut. Pilih driver yang sesuai (bila terdapat lebih dari satu), selanjutnya klik Next.
  • Setelah selesai, maka kamu harus menentukan port komunikasi (COM) dimana modem tersebut terpasang. Kemudian klik Next.
  • Pada tahap ini bila dilakukan dengan benar, maka modem akan terpasang pada komputermu, Klik Finish untuk mengakhiri set up modem. Untuk melakukan koneksi internet, kamu harus melakukan setting dial up untuk menentukan nomor telepon ISP yang menyediakan akses internet.
  1. Pada system operasi windows X

Langkah –langkah instalasi modem dalam sistem operasi Windows XP :

  • Klik Start => Control Panel
  • Klik dua kali ikon Phone and Modem Option. Catatan : Jika tampilan Control Panel berbeda dengan contoh berikut, klik Switch to Classic View agar kamu tidak bingung.
  • Pada tampilan berikutnya, klik tab Modem. Selanjutnya klik tombol Add.
  • Untuk meminta Windows mendeteksi modem kamu, biarkan kotak di sebelah kiri opsi Don’t detect my modem, I will select from a list tetap kosong. Namun, jika kamu tak ingin Windows mendeteksi langsung modem kamu, klik kotak tersebut hingga muncul checklist (centang). Selanjutnya klik Next.
  • Windows akan mendeteksi modem kamu. Setelah proses deteksi selesai, klik Next. Klik Finish untuk mengakhiri prosedur instal modem ini. Modem telah terinstal di komputermu
  1. Pada system operasi windows Vista

Langkah menginstal modem pada System Operasi System Windows Vista :

  • Aktifkan dan hubungkan modem analog pada computer.
  • PIlih dan klik Start menu, kemudian klik dan pilih Control Panel.
  • Pada kotak dialog control panel, pilih dan klik kategori Hardware and Sound.
  • Kemudian pilih dan klik Phone and Modem Options.
  • Ketika kotak dialog Local Information muncul, isilah kotak kosong yang tersedia, seperti mengisi nama Negara / wilayah, kode area, dan sebagainya. Kemudian pilih dan klik tombol OK.
  • Jika tombol ok pada dialog Local Information diklik maka akan muncul kotak dialog Phone and Modem Options. Pilih dan klik tab Modems, kemudian klik tombol Add…
  • Bila kotak dialog add hardware wizard atau jendela uac warning muncul, klik tombol Next untuk melanjutkan.
  • Tunggu sampai windows terdeteksi modem .
  • Ketika instalan modem selesai, klik tombol Finish.
  • Jika install modem berhasil maka nama modem yang diinstal tersebut akan muncul pada kotak dialog Phone and Modem Options. Kemudian klik tombol ok untuk menutup dialog tersebut. Pada saat modem sudah diinstal, kamu haru membuat koneksi dial-up (Dial-up connection) agar bisa terhubung dengan internet.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, kamu dapat menginstal modem yang kamu miliki. Namun, jika ternyata untuk modem tipe tertentu prosedur instalasi ini gagal, kamu harus membaca buku panduan yang disertakan saat pembelian modem tersebut dan mencari jawabannya di sana. Ada juga kemungkinan modem yang kamu pasang langsung terdeteksi oleh Windows karena digunakannya teknologi plug & play.

  1. Menginstal Dial Up Networking

Setelah menginstal modem, kamu perlu menginstal Dial-Up Networking (jika belum terinstal). Berikut ini akan ditunjukkan prosedur instalasi Dial-Up Networking pada Windows

98, windows XP, dan windows Vista. Dalam pembahasan ini diumpamakan ISP yang dipilih adalah D~Net.

  1. Pada system operasi Windows 98. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Klik Star > Settings > Control Panel pada windows taskbar
  • Control Panel akan terbuka. Klik dua kali ikon Network
  • Kotak dialog Network akan terbuka. Pastikan bahwa komponen Dial-Up Adapter dan TCP/IP telah tercantum di daftar network component yang berarti komponen telah ter-install. Bila belum ada klik Add
  • Kotak dialog Select Network Component Type akan terbuka. Pilih item Adapter dan klik tombol Add.
  • Kotak dialog Select Network Adapters akan terbuka dengan daftar dari Manufacturers di sebelah kiri, sedangkan Network Adapters di sebelah kanan
  • Pilih item Microsoft pada daftar Manufacturers dan Dial-Up Adapter pada daftar Network Adapters
  • Klik tombol OK
  • Kotak dialog Network akan terbuka kembali dengan tambahan item Dial Up Adapter
  • Klik tombol Add
  • Pilih item Protocol dan klik tombol Add
  • Kotak dialog Select Network Protocol akan terbuka dengan daftar   Manuacturers   disebelah kiri dan Network Protocols di sebelah kanan
  • Pilih item Microsoft pada daftar Manufacturers dan TCP/IP pada daftar Network Protocol
  • Klik tombol OK
  • Kotak dialog Network akan terbuka kembali dengan
  • Tambahan item TCP/IP
  • Proses install komponen network yang diperlukan telah selesai dilakukan
  • Pilih item Dial-Up Adapter dan klik tombol Properties
  • Kotak dialog Dial-Up Adapter Properties akan terbuka. Klik tab Bindings
  • Pastikan pilihan TCP/IP > Dial-Up Adapter telah tercentang (√)
  • Klik tombol OK
  • Kotak dialog Network akan terbuka kembali
  • Klik tombol OK untuk meng-update perubahan yang telah dilakukan
  • Windows 98 mungkin akan meminta kamu untuk memasukkan Win98 CD-ROM. Ikut perintah yang diberikan untuk menyempurnakan konfigurasi
  • Lalu Windows98 akan meminta kamu untuk me-restart komputrer. Lakukan sesuai
  • perintah agar setting yang telah dilakukan berfungsi dengan baik
  • Setting komponen network telah selesai dilakukan. Selanjutnya melakukan setting Dial-Up
  • Klik dua kali ikon My Computer pada Desktop Windows
  • Jendela My Computer akan terbuka. Klik dua kali pada ikon Dial-Up Networking
  • Jendela Dial-Up Networking akan terbuka. Klik dua kali ikon Make New Connection
  • Kotak dialog Make New Connection akan terbuka
  • Ketikan D-Net pada field Type a Name for the computer you are dialing yang tersedia
  • Pilih jenis modem yang di gunakan dengan memilih pada drop-down menu, (jika belum ada, pastikan bahwa modem telah di-install sesuai driver-nya)
  • Klik tombol Configure unutk memastikan bahwamodem telah di-set dengan benar
  • Klik tab General. Set Maximus speed melalui drop-downmenu yang tersedia. Pilih 57600
  • Klik tab Connection
  • Klik tab Options, lalu klik OK
  • Kotak dialog Make New Connection, lalu Klik tombol Next >
  • Ketikkan nomor dial-up ISP (contoh disini adalah D-Net) pada field Telephone number (pilihan nomer aksesISP tersebut adalah: 5550099, 5550019, 5550098, 8450508 atau 2957100)
  • Isi field Country code. Pilih Indonesia (62) melalui drop-down menu yang tersedia
  • Klik tombol Next >
  • Setting akhir kotak dialog Make New Connection akan muncul. Klik tombol Finish
  • Kotak dialog Dial-Up Networking akan terbuka kembali, dan akan terdapat tambahan ikon dengan nama D-Net
  • Klik kanan pada ikon D-Net, pilih Properties
  • Pada kotak dialog yang muncul, pilih tab General, pastikan pilihan “Use area code and dialing properties” tidak diaktifkan jika kamu berada di kode area telepon yang sama dengan POP D-Net
  • Pilih tab Server Type, pastikan pilihan yang diaktifkan adalah “Enable software compression” dan “TCP/IP”. (Centang kotak yang menunjukkan Enable software Compression dan TCP/IP)
  • Buka lagi Control Panel, klik dua kali ikon Network hingga muncul kotak dialog Network. Sorot item TCP/IP dan klik tombol Properties
  • Jendela TCP/IP Properties akan terbuka
  • Klik tab IP Address dan pilih Obtain an IP address automatically
  • Klik tab DNS Configuration dan pilih Disable DNS
  • Klik tombol OK
  • Tampilan jendela D-Net akan terbuka kembali
  • Klik tombol OK untuk meng-Update perubahan yang telah dilakukan. Windows 98 mungkin akan meminta kamu untuk memasukkan Win98 CD-ROM. Ikuti perintah yang diberikan untuk menyelesaikan konfigurasi
  • Windows 98 akan memerintahkan kamu unutk me-restart komputer. Lakukan ssuai yang diperintahkan agar setting yang telah dilakukan dapat berfungsi di komputer
  • Setting Dial-Up Networking untuk koneksi dial-up telah selesai dilakukan .
  1. Pada windows XP
  • Klik Start => Control Panel
  • Jendela Control Panel akan terbuka. Jika tampilannya berbeda seperti contoh, klik Switch to Classic View.
  • Klik Network and Internet Connections
  • Jendela Network and Internet Connection akan terbuka, klik ikon Network Connections
  • Jendela New Connection Wizard akan terbuka. Klik tombol Next
  • Pilih pilihan Connect to the Internet dan klik tombol Next
  • Pilih pilihan Set up my connection manually dan klik tombol Next
  • Pilih pilihan Connet using a dial-up modem dan klik tombol Next
  • Ketikkan D~Net dalam field ISP Name dan klik tombol Next
  • Ketikan nomor dial-up D~Net pada field Phone number. Pilihan nomor akses: 5550099, 5550019, 5550098, 8450508 atau 2957100. Klik tombol Next
  • Pilih Anyone’s use dan klik tombol Next
  • Ketikkan User name dan Password kamu dengan benar dan klik tombol Next
  • Centang pilihan Add a shortcut to this connection to my desktop jika kamu ingin menampilkan shortcut pada desktop
  • Klik tombol Finish
  • Jendela Network Connection akan terbuka kembali dengan tambahan ikon D~Net di dalamanya
  • Ikon shortcut D-Net akan muncul di desktop
  • Klik Start => Connect To => D~Net
  • Kotak dialog Connecting D~Net akan terbuka. Klik tombol Properties
  • Kotak dialog D~Net Properties akan terbuka. Pastikan pilihan modem yang sesuai dengan modem yang digunakan pada field Connect using, jika belum ada, pastikan modem telah terinstal sesuai drivernya
  • Ketikkan nomor dial-up D~Net pada field Phone number. Pilih nomor akses 5550099, 5550019, 555098, 8450508, atau 2957100
  • Biarkan kosong pilihan Use dialing rules
  • Klik tombol Configure. Jendela Modem Configuration akan terbuka. Centang pilihan yang tersedia, tetapi biarkan kosong pilihan Show terminal window.
  • Pilih Maximum speed (bps) ke 57600 kemudian klik tombol OK
  • Jendela D~Net Properties akan terbuka kembali dan klik tab Options, centang pilihan yang tersedia. Namun, biarkan Include Windows logon domain kosong
  • Kik tab Networking, pilih PPP: Windows 95/98/NT4/2000, Internet pada pilihan Type of dial-up server I am calling
  • Sorot pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP) dan klik tombol Properties
  • Jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties akan terbuka, kemudian klik radio button pada pilihan Obtain an IP address automatically dan klik OK
  • Jendela Connecting D~Net akan terbuka kembali. Klik tombol Cancel
  • Setting Dial-Up Networking untuk koneksi Dial-Up telah selesai dilakukan.
  1. Pada Windows Vista.
  • Pada menu Windows Start, pilih dan klik tombol ‘Connect To’.
  • Pada jendela Windows akan muncul tampilan ‘Connect to a network’. Klik tombol ‘Set up a connection or network’ (terletak pada kiri bawah layar).
  • Kemudian pilih ‘Set up a dial-up connection’, klik tombol next.
  • Kotak dialog ‘Set up a dial-up connection’ akan muncul. Dalam kotak dialog tersebut istilah kotak Dial-up phone number, Dialing Rules, User name, Password, dan kotak Connection name, kemudian klik tombol ‘Connect’. Jika kita mengklik Dialing rules maka akan muncul kotak dialog dialing rules. Kotak dialog ini berfungsi untuk menentukan lokasi dan kode area yang akan kita pakai untuk dialing.
  • Kotak dialog akan muncul dan secara otomatis PC (personal computer) akan tersambung dengan jaringan internet.
  • Jika PC telah tersambung dengan jaringan internet maka akan muncul pesan ‘You are connected to the internet’. Klik ‘Browse the internet now’ sehingga internet browser akan terbuka.
  • Kotak dialog ‘Set Network Location’ akan muncul, kemudian klik bagian ‘Home’. Koneksi internetmu pun siap digunakan.
  • Jika koneksi berhasil maka pada kotak dialog Set Network Location, klik tombol Close.
  1. Melakukan Koneksi Internet via ISP

Pada saat mendaftar untuk mendapatkan layanan internet di ISP, kamu akan mendapatkan user name dan password serta nomor dial ISP tersebut. Setelah modem dan komponen network terinstal serta setting dial up selesai dilakukan, kamu dapat segera mengakses internet melalui ISP tersebut. Dalam hal ini kamu menghubungi (men-dial) nomor telepon ISP melalui komputermu. Biasanya pihak ISP memberikan panduan teknis dan instalasi peralatan untuk akses internet pada pelanggannya.
Berikut ini ditunjukan langkah-langkah mendial ISP langganan untuk mendapatkan akses internet pada Windows XP.

  1. Klik dua kali ikon D~Net pada desktop. Jika belum ada, buatlah dulu shorcut tersebut agar lebih praktis mengaksesnya. Atau klik Start => Connect To => D~Net
  2. Jendela Connecting D~Net akan terbuka. Ketikkan User name dan Password kamu, kemudian klik tombol Dial
  3. Berikutnya, tunggulah sementara modem melakukan dial ke D~Net
  4. Tunggu sampai selesainya proses verifikasi username dan password
  5. Pada saat koneksi telah tersambung, akan muncul ikon komputer dengan dua layar yang berkedip pada windows taskbar (systray)
  6. Kamu telah berhasil tersambung dengan ISP kamu (D~Net)
  7. Dengan mengklik dua kali ikon komputer tadi (ikon jaringan/ network), kamu dapat melihat detail koneksi dan disitu juga untuk memutuskan koneksi, dengan cara klik tombol Disconnect

Secara garis besar, terdapat beberapa cara untuk mendapatkan akses internet. Untuk akses internet langsung dari komputer ke internet, kamu harus berhbungan dengan penyedia layanan internet (ISP). Jika spesifikasi komputer kamu sudah memenuhi syarat dan juga sudah memiliki saluran telekomunikasi, kamu dapat segera menghubungi ISP untuk mendapatkan layanan akses internet. Koneksi antara komputermu dengan ISP dapat menggunakan berbagai saluran telekomunikasi seperti Saluran Telepon, ISDN, HDSL, SDSL, ADSL, VDSL, IDSL, VSAT, Radio Paket, TV Kabel, Kabel Listrik, Teknologi WAP, GPRS, WiFi. Perlu diketahui bahwa modem untuk akses internet dial up menggunakan saluran telepon biasa.

Berikut ini langkah-langkah mendial ISP langganan untuk mendapatkan akses internet pada versi system operasi, yaitu system operasi Windows 98, system Windows XP, dan windows vista.

  1. Dial ke ISP menggunakan system operasi Windows 98.
  • Klik dua kali ikon My computer pada desktop.
  • Jendela my computer akan terbuka. Klik dua kali ikon dial-up networking.
  • Jendela Dial-Up Networking akan terbuka. Klik dua kali ikon D~Net.
  • Jendela connect To akan terbuka. Terdapat empat field yang harus diisi :
  1. Username     : Ketikkan username kamu.

b.Password       : Ketikkan password login kamu.

c.Phone number : Ketikkan nomor dial-up ISP langganan kamu

d.Dialing from   : Jangan ubah setting yang sudah ada.

  • Klik tombol connect.
  • Berikutnya tunggulah sementara modem melakukan dial ke D~Net.
  • Tunggu sampai selesainya proses verisifikasi username dan password.
  • Setelah proses verifikasi username dan password selesai, kamu telah tersambung ke  server. Jendela ini hanya akan muncul saat pertama kali kamu melakukan proses koneksi ke D~Net.
  • Kamu akan melihat tambahan ikon pada windows taskbar yang menampilkan gambar dua  computer yang terhubung bersama (systray).
  • Dengan mengklik ikon tersebut, kamu dapat melihat detail koneksi kamu.
  • Jika kamu telah selesai menggunakan internet, double klik ikon pada windows taskbar tersebut. Kemudian klik tombol disconnect untuk memutuskan koneksi.
  1. Dial ke ISP Mengunakan Sistem Operasi Windows XP
  • Klik Start > Connect To > D-Net
  • Ketika Connecting D-Net terbuka, ketik Username dan Password-mu, lalu klik Dial
  • Tunggu modem melakukan dial ke D-Net
  • Tunggu sampai selesainya proses verifikasi Username dan Password
  • Jika sudah tersambung, muncul icon komputer dengan dua layar yang berkedip pada Windows Taskbar (systray)
  • Kamu telah berhasil tersambung dengan ISP kamu (D-Net)
  • Klik dua kali, pada ikon komputer dengan dua layar, untuk melihat koneksi detail
  • Klik disconnect, jika ingin memutuskan koneksi
  1. Dial ke ISP menggunakan Windows Vista
  • Klik Windows Star, lalu klik Connect to
  • Pilih nama ISP yang sudah ditentukan, lalu muncul kotak dialog
  • Isi kotak Username, Password, dan kotak isian Dial, klik dial.
  • Jika sudah terkoneksi, maka pada taskbar akan muncul tampilan dua komputer

 

 

  1. TATA CARA PENYAMBUNGAN  INTERNET MELALUI JARINGAN (INTERNET)

Dalam hal ini, organisasi pemilik internet (jaringan) itu juga berlangganan internet ke ISP. Administrator jaringan akan mengatur setting pada computer anggota jaringan untuk mendapatkan akses internet. Untuk jaringan intranet cukup besar, biasanya menggunakan koneksi dedicted untuk akses internet. Akses dedicated dapat diakses tanpa henti, sedangkan biaya perbulannya tetap, tidak tergantung lama akses. Jika kamu mendapatkan akses internet melalui jaringan itu, tentu saja kamu harus menghubungkan dengan jaringan tersebut dan selanjutnya melakukan setting nomor IP di komputerku. Selain nomor IP, kamu mungkin perlu melakukan setting DNS dan gateway. Kamu tidak boleh sembarangan mengisi karena ada aturannya. Kamu harus mendapat izin dari Administratornya jaringanlah yang berhak menambah atau mengurangi junlah jumlah anggota jaringan.
Untuk menghubungkan computer dengan jaringan dibutuhkan Interface jaringan atau kartu jaringan ( network interface card) yang terpasang di computer. Melalui interface jaringan computer dapat dihubungkan kejaringan dengan media tertentu, misalnya kabel UTP atau kabel coaxial.
Pada jalur waveline walaupun sama-sama menggunakan gelombang, namun pada jalur ini identitas identitas yang digunakan sama dengan perangkat akses jalur kabel. Baik untuk alone maupun LAN. Identitas yang digunakan tersebut adalah IP Address. Format IP Address ditulis dalam bentuk bilangan kelompok octet, yaitu: www.xxx.yyy.zzz bilangan angka yang digunakan adalah:
www              è 1 s.d. 255
xxx                  è 0 s.d. 255
yyy                  è 0 s.d. 255
zzz                   è 1 s.d. 254
Pada sistem jaringan LAN, IP address yang sering digunakan adalah 192.168.yyy.zzz 192.168 adalah alamat jaringan. yyy  adalah alamt jaringan LAN, bebas ditntukan namun dalam local jaringan alamatnya sama. zzz adalah nomor PC/Laptop. Perlu diketahui bahwa dalam 1 perangakat misalnya  PC, bila jalur koneksi lebih dari 1 dan semua jalur yang ada digunakan, maka zzz harus dibedakan. Subnet Mask adalah alamat yang sudah digunakan untuk mengikuti IP Address . Default  subnet mask  untuk IP Address 192.168 dan 255.255.255.0

 

BAB III

 

PENUTUP

 

  1. KESIMPULAN

 

 

  1. SARAN

Didalam penulisan makalah ini,kami anggota kelompok 3 menyadari selaku manusia biasa yang tak luput dari lupa dan salah, maka dari itu kami sangat mengharapkan Kritikan maupun Saran dari guru pembimbing , teman-teman, atau siapa saja yang membaca makalah ini.

Dari itu kurang maupun lebihnya, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamua’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s