Karya Ilmiah ” Diet Golongan Darah”

BAB I

PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

            Kesehatan merupakan anugrah terbesar dari Allah SWT. Kesehatan mahal harganya dan tidak bisa dibayar oleh apapun. Untuk itu , kesehatan sangat penting dijaga dalam hidup kita. Jika kita sehat, maka segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari akan terlaksana dengan baik dan berjalan lancar.

            Memiliki tubuh yang sehat dan ideal adalah idaman dari setiap orang, terutama kaum wanita. Hal ini dilakukan agar selalu tampil menarik dan indah untuk dilihat. Berbagai cara dilakukan untuk mempertahankan maupun menurunkan berat badan. contohnya: minum ramuan herbal, mandi uap, sedot lemak, dan diet makanan. Diet makanan merupakan salah satu diet yang sangat sering dilakukan oleh setiap orang. Jika diet yang dilakukan sesuai dengan tubuh kita, maka akan berhasil. Jika tidak maka ketahanan tubuh akan menurun dan menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh kita.

            Ketika kita ingin melakukan sesuatu sebaiknya dipikirkan dahulu baik buruknya. Maka dari itu pilihlah diet yang bermanfaat dan cocok untuk tubuh kita, supaya organ dalam tubuh kita bisa merespons dengan baik. Saat diet kita harus menggunakan metode yang benar, salah satunya memakan makanan yang berguna bagi tubuh dan menghindari makanan yang merugikan untuk tubuh kita agar organ dalam tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

            Untuk menyikapi hal tersebut maka penulis mencoba membahasnya dalam karya ilmiah ini yang menjelaskan tentang hubungan diet dan golongan darah, makanan yang bermanfaat, netral, dan merugikan, suplemen golongan darah, manfaat diet golongan darah, dan cara diet golongan darah.

 

1.2              Rumusan Masalah

            Berdasarkan paparan di atas, maka rumusan masalahnya adalah :

  1. Bagaimana hubungan diet dan golongan darah ?
  2. Apa saja manfaat dari diet golongan darah ?
  3. Bagaimana cara diet golongan darah ?

 

1.3              Tujuan

Adapun tujuan penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut :

  1. Mendeskripsikan hubungan diet dan golongan darah.
  2. Mendeskripsikan manfaat dari diet golongan darah.
  3. Mendeskripsikan cara diet golongan darah.

                                                    

1.4              Asumsi dan Batasan Masalah

1.4.1        Asumsi

   Dalam pengamatan ini penulis berasumsi bahwa diet golongan darah adalah cara yang baik untuk mempertahankan ataupun menurunkan berat badan yang ideal.

1.4.2        Batasan Masalah

            Dalam hal ini penulis hanya melakukan studi literature atau kepustakaan, penulis tidak melakukan penelitian untuk menguji makanan dan suplemen yang cocok sesuai golongan darah serta tingkat keberhasilan masyarakat menggunakan metode diet golongan darah.          

 

1.5              Metode Pengamatan

Metode pengamatan yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah studi literatur ata kepustakaan yaitu penulis membaca buku-buku  dan materi dari internet yang berkaitan dengan diet golongan darah ini.

 

1.6              Manfaat

Manfaat dari karya ilmiah ini adalah :

  1. Dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang diet golongan darah yaitu sebagai alternatif baru untuk mempertahankan ataupun menurunkan berat badan yang ideal dan makanan yang cocok bagi tubuh.
  2. Dapat dijadikan salah satu pedoman dalam mengkonsumsi makanan yang bermanfaat bagi tubuh.

 

BAB II

KAJIAN TEORI

 

2.1              Pengertian Diet

Diet adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan (biasanya atas petunjuk dokter, makrobiotik usaha mencapai kondisi sehat melalui diet (dengan memperhatikan faktor tradisi, ekologi, iklim, usia, jenis kelamin, dan faktor individual) dan menghindari makanan yang mengandung bahan kimia.

(http://www.artikata.com/arti-51051-diet.html).

Diet adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi orang secara teratur setiap hari. Diet dapat juga berarti jumlah dan jenis makanan yang dibutuhkan dalam situasi tertentu, seperti menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan. Diet yang dilakukan sangat tergantung pada usia, berat badan, kondisi kesehatan, suasana, dan banyaknya kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Dalam menentukan jenis makanan sangat dipengaruhi oleh keuangan, kesehatan, dan nutrisi. (http://gugling.com/diet-itu-apa-sih.html)

Diet adalah program pengaturan pola makan, yang diyakini akan menurunkan berat badan, program ini direncanakan dengan tekat bulat dari hati yang paling dalam. Dalam pelaksanaan program tersebut, banyak mengalami kendala, halangan, gangguan, dan iritasi.

(http://wiki.loenpia.net/index.php?title=Diet)

Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu. Walaupun manusia pada dasarnya adalah omnivora, suatu kelompok masyarakat biasanya memiliki preferensi atau pantangan terhadap beberapa jenis makanan. Berbeda dalam penyebutan di beberapa negara, dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. (http://id.wikipedia.org/wiki/Diet)

 

2.2              Ciri Khas Golongan Darah

2.2.1        Golongan Darah A

Ciri Khas Golongan Darah A adalah memiliki system pencernaan yang relative sensitive, sulit mencerna protein hewani, beradaptasi baik dengan berbagai aneka ragam makanan beserta lingkungannya dan sistem kekebalan tubuh rentan terhadap serangan mikroorganisme. (http://id.shvoong.com/books/1896649-metode-diet-golongan-darah/)

2.2.2        Golongan Darah B

Ciri Khas Golongan Darah B adalah dianjurkan melakukan diet dengan variasi makanan golongan darah, namun membatasi asupan daging. Memiliki sisitem kekebalan tubuh yang kuat, mampu menyesuaikan dengan perubahan lingkungan dan makanan. http://id.shvoong.com/books/1896658-metode-diet-golongan-darah/)

2.2.3        Golongan Darah O

Ciri Khas Golongan Darah O adalah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi dibanding tipe darah lain. Memiliki sistem pencernaan yang kuat, sistem dirancang untuk melakukan metabolisme dan menyimpan nutrien dengan lebih efisien, dan sulit menerima makanan dan lingkungan baru. (http://id.shvoong.com/books/1896643-metode-diet-golongan-darah/).

2.2.4        Golongan Darah AB

Ciri Khas Golongan Darah AB adalah memiliki jalur pencernaan yang sensitif, untuk itu disarankan mengkonsumsi makanan dalam jumlah sedikit namun kekerapan makan lebih padat ( lebih sering makan dengan porsi kecil ) dan system kekebalan tubuh bertoleransi tinggi. (http://id.shvoong.com/books/1896664-metode-diet-golongan-darah-ab/)

 

2.3              Makanan yang sangat Bermanfaat, Netral, dan Dihindari

Penggolongan makanan dibedakan menjadi makanan yang sangat bermanfaat, makanan yang netral, dan makanan yang dihindari. Makanan yang sangat bermanfaat adalah makanan yang bereaksi sebagai obat. Makanan netral adalah makanan yang bereaksi sebagai makanan. Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang bereaksi sebagai racun.

 

2.3.1 Golongan Darah A                                           

Makanan yang sangat bermanfaat adalah bayam, kacang tanah, kacang buncis, kacang/ susu kedelai, tahu, ikan mas, ikan sardine, siput, jus nanas, mangga, pisang, jeruk limau & sitrun,tempe, tepung beras, bluberi,brokoli, wortel, minyak zaitun.

Makanan yang bersifat netral adalah ikan tuna, telur puyuh, biji wijen, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur (semua jenis), melon, blewah, pir, delima, kiwi, kurma, strowberi, kesemek, jambu biji, Daging (ayam, burung unta, belibis kalkun,burung dara), telur ayam & bebek, biji bunga matahari, roti gandum, kacang ercis / kapri, jagung, tapioka.

Makanan yang dihindari adalah daging (sapi,angsa, kelinci, ayam hutan, kerbau, domba, bebek), lobster, belut, kodok, keju, es krim, susu, murni, kelapa/ santan, melon madu, pisang (raja), pepaya,acar, terung, tomat, ubi, gurita, kepiting, kentang, jeruk, udang, cumi- cumi, mentega, susu sapi, pare, air soda. (http://turunberatbadan.com/179/diet-golongan-darah/)

               

2.3.2 Golongan Darah B

 Makanan yang sangat bermanfaat adalah kembang kol, terung, teh hijau, kue beras, brokoli, ubi, wortel, Daging (kambing, domba, kelinci, rusa),buburgandum, Ikan laut, susu sapi, keju, roti essene.

Makanan yang bersifat netral adalah telur ayam, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi,Cumi-cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, mangga, melon, Daging (sapi, kerbau, kalkun, hati anak sapi), jeruk, pir,kacang merah, kacang buncis, tepung beras, kurma, jambu biji.

Makanan yang dihindari adalah daging (bebek, ayam, angsa, belibis, babi, kuda, keong, kepiting, siput, kacang tanah,roti gandum,tomat, waluh, jagung, air soda, minuman beralkohol avokad, pare, delima, kelapa/ santan, kesemek, belimbing, belut, kodok, gurita, lobster, es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), pir. (http://turunberatbadan.com/179/diet-golongan-darah/)

                                         

2.3.3 Golongan Darah O

Makanan yang sangat bermanfaat adalah jahe, kailan, kunyit, Daging (sapi, kerbau, rusa, domba, anak sapi), Brokoli, ubi, waluh, selada, lobak china, bluberi, rumput laut, ganggang laut, ceri, jambu biji, kacang merah, bumbu kari, kacang polong, semua jenis bawang.

Makanan yang bersifat netral adalah ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, ikan sardine, udang, telur (ayam, bebek), mentega, kacang (hitam, merah, buncis, kedelai), tempe, tahu, susu kedelai, terung, tomat, labu, Daging (ayam, bebek, kambing, angsa, kalkun, kelinci).

Makanan yang dihindari adalah daging babi, kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt(semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras,cumi-cumi, sotong, bunga brokoli. (http://turunberatbadan.com/179/diet-golongan-darah/).

 

2.3.4 Golongan Darah AB

Makanan yang sangat bermanfaat adalah ikan sardin, teh hijau, ikan tuna, susu kambing, putih telur (ayam), keju ricotta, krim asam (rendah kalori), anggur merah, daging (kalkun,domba, kelinci), ginseng, daun strawberry, nanas, bawang putih, bumbu kari.

Makanan yang bersifat netral adalah kacang merah, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, cumi-cumi, ikan mas, kacang buncis, tepung beras, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji.

Makanan yang dihindari adalah kesemek, Daging (sapi, kerbau, ayam, bebek, angsa, babi, rusa kuda), lobster, kepiting, kodok, mentega, acar, jagung, belimbing, delima, minuman beralkohol, saus tomat, kopi, soda, jambu biji, mangga, kacang hitam, es krim, telor bebek, pare, pisang, kelapa, cuka, lada, pati jagung, tapioka, sagu, lidah buaya, radis merah, telur bebekdaging penyu, daging anak burung dara, daging angsa, daging belibis,  dan daging burung puyuh. (http://turunberatbadan.com/179/diet-golongan-darah/).          

 

2.4              Manfaat dari Diet Golongan Darah

            Dengan mengikuti program diet golongan darah, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dalam hidup kita diantaranya adalah :

1. Memiliki berat badan ideal

2. Meningkatkan vitalitas

3. Mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan.

4. Memperbaiki sistem pencernaan

5. Menjadikan organ tubuh bekerja lebih efektif dan efisien.

6. Terlihat awet muda.

7. Menstabilkan emosi      

8. Mengendalikan stress dan depresi.

9. Mengatasi ketidaksuburan dan keguguran.

( dalam Bianda dkk, 41 )

 

2.5              Cara Diet Golongan Darah

2.5.1        Golongan Darah A

PROFIL DIET

 

KUNCI PENURUNAN BERAT BADAN

SUPLEMEN

OLAHRAGA

VEGETARIAN

Sayur-sayuran, tahu, makanan hasil laut,serealia, buncis,polong-polongan, dan buah-buahan.

HINDARI

Daging, produk susu, kacang kidney, dan kacang lima gandum.

KONSUMSI

Minyak zaitun, makanan dari kacang kedelai, sayur-sayuran, nanas, makanan hasil laut.

Vitamin B12, vitamin c, asam folat, dan vitamin E

Latihan fisik yang

menenangkan dan memberi fokus seperti yoga.

            ( dalam Peter dan Catherine, 2010 :90 )

2.5.2        Golongan Darah B

PROFIL DIET

 

KUNCI PENURUNAN BERAT BADAN

SUPLEMEN

OLAHRAGA

OMNIVORA YANG SEIMBANG

Sayur-sayuran, daging, produk susu, serealia,dan buah-buahan.

HINDARI

Ayam, jagung, kacang tanah, biji wijen, dan gandum.

KONSUMSI

Sayuran hijau, telur, daging rusa, dan hati.

Magnesium,

Gingko biloba

Olahraga fisik sedang dengan unsur mental  seperti hiking, tenis, dan berenang.

            (dalam Peter dan Catherine, 2010 :76)

2.5.3        Golongan Darah O

PROFIL DIET

 

KUNCI PENURUNAN BERAT BADAN

SUPLEMEN

OLAHRAGA

VEGETARIAN

Sayur-sayuran, daging,ikan, dan buah

TERBATAS

serealia, kacang-kacangan,polong-polongan.

HINDARI

Gandum, jagung, tauge, dan produk susu.

KONSUMSI

Daging merah, hati, bayam, brokoli, minyak zaitun, makanan hasil laut.

Vitamin B, vitamin K, kalsium, yodium

Olahraga fisik yang intensif, misalnya aerobic, lari, dan bela diri

(dalam Peter dan Catherine, 2010 : 86)

2.5.4        Golongan Darah AB

PROFIL DIET

 

KUNCI PENURUNAN BERAT BADAN

SUPLEMEN

OLAHRAGA

DIET CAMPURAN

Daging, ikan produk susus, tahu, kacang, sayuran,serealia,polong-polongan, dan buah

HINDARI

Ayam, jagung, kacang ginjal.

KONSUMSI

Tahu, sayuran hijau dan makanan hasil laut.

Vitamin C

Latihan fisik yang

menenangkan dan memberi fokus seperti yoga, dikombinasi dengan latihan fisik yang sedang seperti bersepeda dan tenis.

          (dalam Peter dan Catherine, 2010 : 76)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PEMBAHASAN

Diet adalah kebiasaan dalam hal makanan dan minuman yang diperbolehkan untuk dimakan seseorang dari hari ke hari, terutama yang khusus dirancang untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara memasukkan dan mengeluarkan bahan makanan tertentu. Sedangkan darah adalah cairan yang beredar melalui jantung, arteri, kapiler, dan vena membawa zat makanan dan oksigen ke sel-sel tubuh. Darah berfungsi sebagai transportasi O2 dan CO2, pembekuan darah, pengatur keseimbangan asam dan basa, serta sebagai sistem imunitas bagi tubuh. Pembagian golongan darah oleh Karl Landsteiner antara lain adalah sistem ABO dan sistem rhesus yang banyak dikenal dan dipakai secara umum. Sistem ABO terdiri atas golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB, dan golongan darah O. Sedangkan sistem rhesus dibagi menjadi rhesus positif dan rhesus negatif. Dalam diet golongan darah, yang akan dibahas adalah golongan darah sistem ABO.

Diet golongan darah dikemukakan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, seorang naturopatis dari Stamford, Connecticut, Amerika Serikat berdasarkan penelitian dan pengalaman dari pasiennya. Memang ada pepatah mengatakan tak ada gading yang tak retak, semua penelitian pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan diet golongan darah. Diet golongan darah ini cukup mempunyai banyak pengikut tetapi teori D’Adamo ini masih sering diperdebatkan oleh para ahli-ahli gizi dan ahli-ahli lainnya. Keberhasilan diet golongan darah ini tergantung pada kondisi dan kebutuhan tubuh pelakunya. Diet ini bertujuan untuk mencapai kesehatan tubuh.

Diet golongan darah yang diteliti oleh D’Adamo menunjukkan efek fisiologis dari lektin yang masuk ke dalam tubuh. Lektin adalah protein yang umumnya terdapat pada makanan. Tiap jenis makanan dapat mempengaruhi metabolisme dan komposisi darah sehingga mempengaruhi keseimbangan daya tahan tubuh dimana komposisi darah mempunyai 2 komponen penting yaitu antigen dan antibodi. Alasan pentingnya penggolongan darah oleh D’Adamo adalah golongan darah mengidentifikasi dengan tanda permukaan yaitu antigen sehingga bila sel darah merah mentransport benda asing seperti virus dan bakteri, maka akan segera ditandai sebagai “kawan” atau “musuh”. Sama halnya dengan makanan, bila ditemukan lektin, maka akan segera ditandai sebagai musuh dan menyebabkan sel darah menggumpal bersama-sama sehingga menyebabkan masalah terhadap sistem pencernaan dan metabolisme makanan terhadap produksi insulin dan gangguan hormon. Hal inilah yang menyebabkan kenapa tiap golongan darah perlu memiliki penggolongan makanan. Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa diet mempunyai hubungan yang erat dengan golongan darah.

Dengan mengikuti program diet golongan darah dapat dirasakan berbagai macam manfaatnya, pertama berat badan menjadi ideal, kedua meningkatkan vitalitas, ketiga mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan, keempat memperbaiki sistem pencernaan, kelima menjadikan organ tubuh bekerka lebih efektif dan efisien, keenam terlihat lebih muda, ketujuh menstabilkan emosi, kedelapan mengendalikan stress dan depresi, kesembilan mengatasi ketidaksuburan dan keguguran. Tubuh kita memakan makanan yang sesuai dengan golongan darahnya sehingga gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh yakni zat-zat yang penting dan diperlukan tubuh. Makanan yang dipilihpun harus sesuai dengan kesensitivitas sistem pencernaan tubuh dan sesuai dengan porsi yang cukup. Dengan begitu sistem pencernaan dalam tubuh kita berlangsung secara efektif, emosi dan rasa stress pun menjadi terkendali, mengatasi segala gangguan kesehatan.

Cara diet golongan darah yang benar adalah untuk golongan darah A menggunakan metode vegetarian, untuk golongan darah B menggunakan metode omnivora yang seimbang, untuk golongan darah O menggunakan metode tinggi protein dan terbatas mengkonsumsi serealia, kacang, dan polong-polongan, sedangkan untuk golongan darah AB menggunakan metode diet campuran.

            Selain mengikuti metode diet masing-masing golongan darah, juga harus memilih makanan, minuman, suplemen, dan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh kita. Jika semua metode dan persyaratan telah dilakukan, keinginan untuk memiliki tubuh yang sehat dan ideal akan tercapai.

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

4.1       Kesimpulan

            Berdasarkan uraian-uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa diet berhubungan erat dengan golongan darah karena ketika diet, makanan dan suplemen yang dikonsumsi harus sesuai dengan sistem metabolisme dalam tubuh kita.Tiap jenis makanan dapat mempengaruhi metabolisme dan komposisi darah sehingga mempengaruhi keseimbangan daya tahan tubuh dimana komposisi darah mempunyai 2 komponen penting yaitu antigen dan antibodi.

            Diet golongan darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya memiliki berat badan ideal, meningkatkan vitalitas, mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan, memperbaiki sistem pencernaan, menjadikan organ tubuh bekerja lebih efektif dan efisien, terlihat awet muda, menstabilkan emosi, mengendalikan stress dan depresi, dan mengatasi ketidaksuburan dan keguguran.

            Cara diet golongan darah yang benar adalah untuk golongan darah A menggunakan metode vegetarian, untuk golongan darah B menggunakan metode omnivora yang seimbang, untuk golongan darah O menggunakan metode tinggi protein dan terbatas mengkonsumsi serealia, kacang, dan polong-polongan, sedangkan untuk golongan darah AB menggunakan metode diet campuran.

 

4.2              Saran

Untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan yang ideal maka penulis menyarankan agar diet golongan darah disosialisasikan kepada masyarakat karena diet ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh selama mengikuti prosedur yang benar. Dan sesuaikan porsi makanan dengan kegiatan yang dilakukan serta dianjurkan untuk berolahraga dengan teratur untuk meningkatkan fleksibilitas gerakan tubuh.

                                                            

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

D’Adamo, Peter J. dan Catherine Whitney.2010. Diet Sehat Golongan Darah A. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer.

D’Adamo, Peter J. dan Catherine Whitney.2010. Diet Sehat Golongan Darah B. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer.

D’Adamo, Peter J. dan Catherine Whitney.2010. Diet Sehat Golongan Darah O. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer.

D’Adamo, Peter J. dan Catherine Whitney.2010. Diet Sehat Golongan Darah AB. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer.

Nadia, Bianda dkk.             . Hidup Sehat Berdasarkan Golongan Darah A. Jakarta : Niaga Swadaya.

http://www.artikata.com/arti-51051-diet.html

http://gugling.com/diet-itu-apa-sih.html                     

http://id.shvoong.com/books/1896643-metode-diet-golongan-darah/

http://id.shvoong.com/books/1896649-metode-diet-golongan-darah/

http://id.shvoong.com/books/1896658-metode-diet-golongan-darah/

http://id.shvoong.com/books/1896664-metode-diet-golongan-darah-ab/

http://id.wikipedia.org/wiki/Diet               

http://turunberatbadan.com/179/diet-golongan-darah/           

http://wiki.loenpia.net/index.php?title=Diet

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s